Penipuan lowongan kerja kini semakin marak terjadi dengan berbagai kedok yang seringkali mengecoh banyak pelamar kerja.

Bagi yang sudah ada pengalaman dalam mencari kerja, tentu saja sudah tak terlalu asing dengan penipuan melalui modus lowongan kerja palsu seperti ini.

Dimana, umumnya informasi seperti ini banyak dijumpai di berbagai media, terutama di internet.

Bagi fresh graduate, tentu saja masih sangat awam sehingga bisa dengan mudah ditipu oleh si pemasang iklan loker di internet.

Maka dari itu, sebagai seorang fresh graduate yang tengah mencari lowongan pekerjaan, harus memahami perbedaan ciri-ciri lowongan kerja asli dengan info loker abal-abal agar tidak menjadi korban selanjutnya.

Adapun ciri dari loker palsu ini akan saya bahas dalam uraian di bawah ini.

  • Syarat Terlalu Mudah untuk Posisi Jabatan Tinggi

Bagi Anda yang tengah mencari lowongan, Anda bisa melihat beberapa persyaratan yang terpampang pada informasi tersebut.

Dimana, Anda harus mempertimbangkan syarat tersebut dengan posisi yang dibutuhkan.

Misalnya saja, ada iklan lowongan admin dengan syarat tertulis :

  • Pendidikan Min SMA/Sederajat
  • Semua jurusan
  • Min usia 18 tahun
  • Tidak harus punya pengalaman

Perlu Anda ketahui dari contoh di atas bahwa lowongan admin dengan beberapa syarat di atas harus diwaspadai.

Karena, admin sebuah perusahaan, baik itu CV apalagi sudah PT, tentu membutuhkan kriteria lebih dari itu.

Jika ada lowongan seperti ini, saya sarankan untuk tidak mengajukan lamaran. Belum lagi tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait job desk yang harus dikerjakan.

  • Gaji yang Tidak Masuk Akal

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah lowongan kerja tersebut berupa loker penipuan atau tidak, Anda bisa melihat dari gaji yang ditawarkan.

Umumnya, perusahaan besar tidak akan serta merta menampilkan info gaji pada iklan lowongan. Meski demikian, ada juga beberapa CV yang memperlihatkan penawaran gaji.

Namun, Anda harus cermat dalam menilainya. Dimana, penipuan loker biasanya memberikan penawaran gaji yang besar dengan nominal yang tak masuk akal.

Misalnya saja, ada penawaran gaji hingga Rp 5 juta sampai Rp 7 juta dengan persyaratan yang mudah di posisi admin.

Jika ada iklan loker seperti itu, hendaknya Anda perlu waspada dan sebaiknya jangan ajukan lamaran ke perusahaan tersebut.

Karena, biasanya rentang gaji yang besar, tentu pihak perusahaan akan membutuhkan calon karyawan yang sudah berpengalaman paling tidak 3 tahun di posisi jabatan tinggi, seperti Manajer ataupun posisi sederajat.

  • Alamat Kantor Tidak Jelas

Selain itu, ciri lowongan kerja palsu yang sangat kentara adalah soal alamat kantor perusahaan yang tidak jelas.

Dari soal alamat yang tidak jelas ini, tentu secara tak langsung menyiratkan bahwa tidak ada transparansi perusahaan terhadap publik.

Perlu dipahami bahwa jika lowongan tersebut asli maka pihak perusahaan dipastikan bakal memberikan info alamat kantor sesuai dengan alamat wawancara.

Jika Anda terlanjur mengajukan lamaran dan mendapat panggilan interview tetapi tidak sesuai dengan alamat kantor dan lokasi wawancara, sebaiknya Anda mundur saja.

  • Penawaran Langsung via Email/SMS

Memang, ada beberapa kasus perusahaan besar yang menawarkan langsung lowongan kerja melalui email ataupun SMS.

Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa hal ini biasa dilakukan oleh PT yang kevalidannya bisa dikonfirmasi langsung ke pihak manajemen PT itu sendiri.

Jika Anda menerima tawaran loker seperti ini, hendaknya untuk segera melakukan konfirmasi langsung dengan menghubungi kontak resmi dari PT tersebut.

Akan tetapi, jika pemberitahuan penawaran loker secara langsung tersebut bukan dari PT maka sangat disarankan untuk menghiraukannya.

Karena, sudah pasti dan sangat berpotensi bahwa informasi tersebut merupakan modus penipuan melalui info lowongan pekerjaan.

Dari beberapa ciri loker palsu di atas, tentu saja hal mendasar yang harus Anda kenali adalah terkait dengan persyaratannya, apakah sesuai dengan standar posisi jabatan atau tidak.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa ada kantor resmi dengan alamat yang jelas. Tak lupa, jangan terkecoh dengan gaji yang besar atau tidak masuk akal.

Tentu saja, semua itu merupakan ciri-ciri modus penipuan lowongan kerja yang harus Anda waspadai saat sedang mencari lowongan di internet.

Farhan (25 Januari 2021). “Hati-Hati Penipuan Lowongan Kerja, Ini 10+ Ciri Loker Palsu“. Tugaskaryawan.com. Diakses tanggal 31 Januari 2021.

Comments are closed.